Text
Pengaruh metode pembelajaran dan kemampuan awal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa : studi eksperimen di SD Negeri Bojong Menteng IV Rawalumbu Kota Bekasi
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN AWAL SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI BOJONG MENTENG IV RAWALUMBU KOTA BEKASI PROVINSI JAWA BARAT
Nurfatanah nurfatanah65@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mencari pengaruh metode Problem Based Learning (PBL), metode ekspositori dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri Boong Menteng IV Rawalumbu Kota Bekasi Jawa Barat. Desain penelitian menggunakan analisis varian 2 jalur (ANOVA). Hasil penelitian ini adalah (1) adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) dan siswa yang belajar menggunakan metode ekspositori. (2) Adanya interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika Siswa. (3) Kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa yang belajar dengan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) dan memiliki kemampuan awal tinggi lebih tinggi dari pada siswa yang belajar dengan menggunakan metode ekspositori yang memiliki kemampuan awal tinggi. (4) kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa yang belajar menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) yang memiliki kemampuan awal rendah lebih rendah dari pada siswa yang belajar menggunakan metode ekspositori yang memiliki kemampuan awal rendah.
Kata Kunci: Metode Problem Based Learning (PBL), Metode ekspositori, Kemampuan Awal, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
TM00005770 | TM 5770 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain