Text
Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui pendekatan komunikatif bermetode SAS dengan pola permainan
Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pendekatan Komunikasi
Bermetode SAS dalam Pola Permainan
Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pada
siswa kelas I (satu) Sekolah Dasar Negeri Jatimakmur III Pondok Gede Bekasi Jawa
Barat melalui penerapan metode pembelajaran SAS dalam setting permainan.Metode
penelitian tindakan dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc
Taggart. Prosedur penelitian yang digunakan oleh model Kemmis dan Mc. Taggart
terdiri atas 4 fase kegiatan, meliputi: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3)
Observasi, dan (4) Refleksi. Penelitian ini diselesaikan dalam 2 siklus dengan 2
tindakan setiap siklusnya. Penelitian ini dilaksanakan bagi siswa kelas I (satu) pada
Sekolah Dasar Negeri Jatimakmur III, Pondok Gede Bekasi dengan jumlah siswa 28
orang.Beberapa instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian
ini yaitu pedoman observasi, catatan lapangan dan alat perekam / kamera.Hasil ratarata
nilai kemampuan membaca siswa pada saat kegiatan prasiklus memperoleh ratarata
58,67, pada siklus Imeningkat menjadi 74,67 dan pada siklus II kembali
meningkat menjadi 87,96. Hasil tersebut sudah melebihi target yang diharapkan yaitu
dengan rata-rata nilai di atas 80. Kegiatan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1
diperoleh persentase sebesar 72,67% dan pertemuan 2 sebesar 74,73% dengan ratarata
persentase sebesar 74,73%. Pada siklus II aktivitas siswa mengalami peningkatan
dengan persentase pada pertemuan 1 sebesar 90,71% dan pertemuan 2 sebesar 92,32%
dengan rata-rata 91,51%. Hasil tersebut sudah mencapai kriteria pencapaian
persentase aktivitas siswa yang diharapkan yakni di atas 80%. Berdasarkan data di
atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SAS dalam setting permainan dapat
meningkatkan kemampuan membacapermulaan pada siswa Sekolah Dasar Kelas I.
Kata kunci : Metode, SAS, Membaca, Permainan
TM00005764 | TM 5764 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain