Text
Hubungan penguasaan kosakata dan kecerdasan linguistik dengan kemampuan menulis narasi : studi korelasional pada siswa kelas V sekolah dasar
HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DAN KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI KELAS V SD
Ummu Faizatun Hikmawati
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan pada siswa kelas V SD Negeri Cipinang Melayu,Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 siswa. Metode penelitian ini adalah metode korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan positif antara penguasaan kosakata dan kemampuan menulis narasi, (2) terdapat hubungan positif antara kecerdasan linguistik dan kemampuan menulis narasi, (3) terdapat hubungan positif antara penguasan kosakata dan kecerdasan linguistik secara bersama-sama dan kemampuan menulis narasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penguasaan kosakata memiliki kontribusi lebih besar terhadap kemampuan menulis narasi di bandingkan dengan kecerdasan linguistik. Namun demikian penguasaan kosakata dan kecerdasan linguistik memiliki kontribusi secara bersama-sama dengan kemampuan menulis narasi.
Kata kunci: Penguasaan kosakata, Kecerdasan Linguistik, Kemampuan Menulis Narasi
TM00005762 | TM 5762 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain