Text
Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada pembelajaran IPS melalui model pembelajaran group investigation di Sekolah Dasar Kartika VIII-1 Cijantung Jakarta Timur
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI SEKOLAH DASAR
KARTIKA VIII-1 CIJANTUNG JAKARTA TIMUR
2018
Siti Chaerun Nisa anezhanezhaa@gmail.com
Abstrak
Tujuan penelitian ini meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran group investigation di Sekolah Dasar Kartika VIII-1 Cijantung Jakarta Timur. Subjek penelitian adalah siswa/i kelas V sebanyak 27 orang siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan yang tercatat dalam semester II genap 2017/2018. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan bulan Juli 2018. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model siklus Kemmis and Taggart yang terdiri dari II siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi tes, catatan lapangan, dan dokumentasi melalui foto. Analisis data dilakukan dengan merefleksi kegiatan yang telah dilakukan pada setiap siklusnya. Pada hasil temuan siklus I mengenai kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran IPS, siswa yang belum mendapat hasil nilai berpikir kritis > 70 diperoleh 56% dan pada siklus II diperoleh 92% dari jumlah siswa. Pada siklus I persentasi data pemantau tindakan guru adalah 56% dan pemantau tindakan siswa adalah 45%. Pada siklus II data pemantau tindakan guru menjadi 91% dan data pemantau siswa menjadi 82% dengan begitu bahwa penelitian dengan model pembelajaran group investigation mampu meningkatkan berpikir kritis siswa khususnya pada pembelajaran IPS kelas 5 di SD Kartika VIII-1 Cijantung Jakarta Timur.
Kata Kunci: Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Group Investigation, Penelitian Tindakan
TM00005763 | TM 5763 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain