Text
Model pembelajaran kebugaran jasmani berbasis senam irama pada siswa-siswi SMP Jakarta
MODEL PEMBELAJARAN KEBUGARAN JASMANI BERBASIS SENAM IRAMA PADA SISWA-SISWI SMP JAKARTA
WIDYA ERLIKASNA BR. TARIGAN
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan senam irama untuk meningkatkan kebugaran jasmani pada siswa-siswi SMP Jakarta. Selain itu, penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang pengembangan dan penerapan model Tes Kebugaran Jasmani. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R & D) dari Borg and Gall. Subyek dalam penelitian dan pengembangan ini terdiri dari 40 siswa-siswi
Adapun tahapan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah, pada tahap: (1) analisis kebutuhan, (2) evaluasi ahli (evaluasi produk awal); (3) ujioba terbatas (ujicoba kelompok kecil); dan (4) ujicoba utama (field testing). Uji efektifitas model senam irama untuk Tes Kebugaran Jasmani pada olahraga senam irama sebelum pemberian treatmen berupa model latihan senam irama yang dikembangkan dan untuk mengetahui tingkat kemampuan senam irama setelah perlakuan atau treatmen model senam irama yang dikembangkan.
Berdasarkan hasil pengembangan dapat disimpulkan bahwa: (1) Dengan model Tes Kebugaran Jasmani dapat dikembangkan dan diterapkan dalam latihan senam irama. (2) Dengan model latihan Tes Kebugaran Jasmani yang telah dikembangkan, efektif meningkatkan senam irama dan diperoleh bukti adanya peningkatan ini di tunjukan pada hasil pengujian data hasil pretest dan posttest adanya perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah adanya perlakuan model.
Kata Kunci: model, tes kebugaran, latihan, pengembangan
TM00005813 | TM 5813 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.010) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain