Text
Model pembelajaran renang gaya bebas berbasis bermain untuk siswa sekolah dasar
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan model renang gaya bebas berbasis bermain untuk siswa sekolah dasar. Selain itu, penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang: pengembangan dan penerapan model renang gaya bebas untuk pemula dan mengetahui efektivitas, efisiensi dan daya tarik anak terhadap model yang dibuat. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode Penelitian pengembangan Research & Development (R & D) dari Borg and Gall. Subyek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa-siswi Sekolah Dasar yang terdiri dari 62 anak.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah instrumen tes renang gaya bebas yang digunakan untuk mengumpulkan data siswa sekolah dasar, adapun tahapan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah, pada tahap: (1) analisis kebutuhan, (2) evaluasi ahli (evaluasi produk awal); (3) ujioba terbatas (ujicoba kelompok kecil); dan (4) ujicoba utama (field testing). Uji efektifitas model menggunakan tes keterampilan renang gaya bebas untuk mengetahui keterampilan pemula sebelum pemberian treatmen berupa model renang gaya bebas berbasis bermain yang dikembangkan dan untuk mengetahui keterampilan renang untuk siswa sekolah dasar setelah perlakuan atau treatmen model yang dikembangkan. Dari tes awal yang dilakukan diperoleh tingkat renang gaya bebas siswa sebesar 1214, kemudian setelah diberikan perlakuan berupa model pembelajaran diperoleh tingkat renang gaya bebas siswa sebesar 1346. Maka model renang gaya bebas berbasis bermain untuk siswa sekolah dasar efektif untuk meningkatkan keterampilan renang gaya bebas.
Berdasarkan hasil pengembangan dapat disimpulkan bahwa: (1) Dengan model renang gaya bebas dapat dikembangkan dan diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani serta meningkatkan renang gaya bebas berbasis bermain untuk siswa sekolah dasar(2) Dengan model renang gaya bebas berbasis bermain untuk siswa sekolah dasar yang telah dikembangkan, diperoleh data efektifitas dan hasil pengembangan model renang gaya bebas berbasis bermain.
Kata kunci: Pengembangan, Model Pembelajaran, Renang Gaya Bebas
TM00005805 | TM 5805 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain