Text
Evaluasi program pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk di Sekolah Dasar Peradaban Cilegon
EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN
BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK DI SEKOLAH DASAR PERADABAN CILEGON
LUKMAN NULHAKIM
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi program pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk di sekolah dasar peradaban Cilegon yang meliputi antecendents (perencanaan), Transaction (proses) dan Outcome (hasil).
Metode penelitian yang digunakan yakni menggunakan metode evaluasi program berdasarkan model Stake dengan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan tekhnik penggunaan data melalui observasi (pengamatan), wawancara (interview), angket (kuesioner) dan studi dokumentasi.
Hasil dari penelitian menunjukkan tahapan antecedent meliputi: landasan formal, peserta didik, tujuan sekolah, kurikulum, sarana prasarana, pendidik, menunjukkan bahwa secara umum sesuai standar program, walaupun ada yang perlu ditingkatkan lagi yaitu laboratorium dan kompetensi pendidik. Tahapan transaction meliputi: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian, sudah menunjukkan sangat sesuai standar program. Untuk pelaksanaan pembelajaran guru sudah menggunakan pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk. Tahap outcome yaitu hasil pembelajaran sangat baik dengan standar proses pendidikan yang meliputi penilaian kognitif, afektif dan psikomotor.
Kata kunci: Evaluasi Model Stake, Kecerdasan Majemuk, Program Pembelajaran
DD00002381 | D 2381 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain