Text
Pengembangan media kartu bergambar untuk meningkatkan pengetahuan profesi bagi anak-anak SD kelas atas Maria Assumpta Kabupaten Klaten
PENGEMBANGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PROFESI BAGI ANAK-ANAK SD KELAS ATAS MARIA ASSUMPTA KABUPATEN KLATEN
DENDY SETYADI
No Reg. : 1726159055
Pembimbing Utama: Dr. R.A. Murti Kusuma Wirasti, M.Si
Pembimbing Pendamping: Lara Fridani, Ph.D.
MAGISTER BIMBINGAN KONSELING
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
FEBRUARY 2019
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk kartu bergambar yang dapat digunakan oleh siswa, khususnya pengenalan ragam profesi yang ada di Indonesia. Kelayakan produk dilihat dapat digunakan pada skala kecil serta membantu siswa SD kelas atas (kelas 4, 5, dan 6) mencapai kompetensi sampai pada tahap akomodasi sesuai dengan SKKPD SD. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Penelitian yang dilakukan tergolong dalam penelitian R&D skala kecil (Small-Scale R&D) (Borg & Gall, 1992). Selanjutnya hasil dari ahli media, ahli materi dan uji pengguna terbatas dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa dari masing-masing validator, yaitu validator ahli media menilai sebesar 90,28 persen (sangat layak), validator ahli materi menilai sebesar 78,09 persen (layak), serta validator pengguna, yaitu siswa menilai sebesar 78,52 persen (layak). Kesimpulan dari penelitian ini, media kartu bergambar untuk meningkatkan pengetahuan profesi siswa dikategorikan layak.
Kata kunci: Jenis Profesi, Informasi Karier, Kartu Bergambar, Siswa
TM00005920 | TM 5920 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain