Text
Manajemen keuangan sekolah gratis
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen keuangan sekolah gratis ditinjau dari peran kepala sekolah, bendahara sekolah, dan pengawas di SMAN 3, SMAN 22, dan MAN 3 Palembang. Penelitian ini mengggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode multisitus. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Untuk menganalisa data digunakan Miles-Huberman dengan mengikuti langkah-langkah reduksi data, display data, verifikasi, pengujian keabsahan data, dan memperoleh kesimpulan melalui triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Hasl penelitian ini: (1) Kepala sekolah berperan penting dalam manajemen keuangan sekolah untuk membangun visi, merencanakan anggaran, memimpin anggaran, dan penguatan dengan koordinasi. Walaupun dari aspek kepemimpinan kepada sekolah berbeda SMAN 3 berciri birokratis, SMAN 22 berciri enterprenuer, dan MAN 3 berciri enterprenuer dan visioner; (2) Bendahara sekolah sebagai pelaksana keuangan telah menjalankan akutansi sekolah dengan profesional dan kreatif, namun juga harus memiliki kepribadian yang jujur, dipercaya, dan terbuka. Walaupun, SMAN 3 belum terbuka, sedangkan SMAN 22 dan MAN 3 transparan dan terbuka; (3) Pengawasan penggunaan dana sekolah gratis telah berjalan sesuai aturan dan memberikan masukan kesalahan dalam laporan keuangan dana sekolah gratis; (4) Pengembangan manajemen keuangan sekolah gratis dititiktekankan kepada melaksanakan akutansi sektor publik, pelaksanaan berbasis online, dan pelayanan publik. Selain itu, usaha untuk penambahan sumber dana juga bagian manajemen keuangan yang ditekankan pada pengelolaan kantin dan koperasi sekolah. Temuan ini menyarankan agar pelaksanaan manajemen keuangan sektor publik dilaksanakan oleh kepala sekolah yang visioner dan bendahara yang kompeten dan berkepribadian dalam sebuah etika dalam manajemen keuangan sekolah.
Keywords: manajemen, keuangan, dan sekolah gratis
DD00002368 | D 2368 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain