Text
Evaluasi program diklat calon kepala perpustakaan sekolah bagi guru SD, SMP, SMA dan SMK se-Provinsi Bengkulu
EVALUASI PROGRAM DIKLAT
CALON KEPALA PERPUSTAKAAN SEKOLAH
BAGI GURU SD, SMP, SMA, DAN SMK SE-PROVINSI BENGKULU
ADISEL
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi: (1) dasar hukum, tujuan, dan sasaran program diklat, (2) sumber daya program diklat, (3) proses pelaksanaan program diklat, (4) hasil program pendidikan dan pelatihan (diklat) calon kepala perpustakaan sekolah bagi guru SD, SMP, SMA, dan SMK Se-Provinsi Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, model evaluasi CIPP. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian program diklat secara umum sudah sesuai dengan standar dan kriteria program diklat, adapun hasil penelitian ini menjelaskan: (1) Program diklat, memiliki dasar hukum dan tujuan yang jelas; (2) Sumber daya program diklat, dikategorikan sudah memenuhi standar atau kriteria; (3) Pelaksananaan program diklat, sudah berjalan sesuai dengan tujuan program diklat; dan (4) Hasil program diklat dalam peningkatan kompetensi calon kepala perpustakaan sekolah secara umum dalam kategori “baik”. Secara khusus produk dari program diklat harus dipertahankan dan semaksimal mungkin harus ditingkatkan.
Kata Kunci: evaluasi program, pendidikan dan pelatihan, calon kepala perpustakaan.
DD00002366 | D 2366 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain