Text
Manajemen program iman dan taqwa : studi kasus di SMP Negeri 1 Selong Kabupaten Lombok Timur
RINGKASAN
Pendahuluan
Kondisi bangsa Indonesia saat ini sangat ditentukan oleh karakter anak bangsa, sehingga peran pendidikan sangat strategis untuk menciptakan generasi penerus yang berkarakter. Berdasarkan tujuan pendidikan nasional jelaslah bahwa core value pembangunan karakter bangsa yang pertama berorientasi kepada upaya mengembangkan manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui pembentukan ahlak mulia peserta didik. Keinginan tersebut mejadi solusi untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang sering terjadi seperti tawuran antar pelajar, pergaulan bebas, penggunaan narkoba dan pengaruh arus globalisasi, kurangnya perhatian orang tua dan keluarga terhadap perkembangan anak.
Karakter peserta didik SMPN 1 Selong memperlihatkan perilaku yang baik walaupun lingkungan sekolah kurang mendukung seperti adanya sel tahanan yang berada tepat di depan sekolah. Hal ini yang melatarbelakangi peneliti melakukan penelitian program iman dan taqwa di SMPN 1 Selong yang dilaksanakan pada periode tahun 2015/2016. Kepala sekolah sebagai pemegang kebijakan berkewajiban melaksanakan program yang dapat membentuk kepribadian peserta didik melalui program iman dan taqwa, dengan melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan baik yang wajib maupun sunnah, dengan pola pembiasaan dan internalisasi nilai-nilai ketaqwaan. Internalisasi akhlak berdampak pada berbagai hal, bergantung ke arah mana akhlak itu mendasari aktivitas seseorang, dengan demikian kedudukan akhlak (termasuk karakter) melandasi berbagai aktivitas seseorang karena pembentukan akhlak yang baik menjadi penting artinya dan dilakukan mulai sejak usia dini hingga orang dewasa.
iv
Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode studi kasus yaitu untuk mengetahui secara mendalam tentang manajemen program iman dan taqwa yang dilaksankan di SMPN 1 Selong mencakup perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, monitoring dan evaluasi serta dampak program terhadap seluruh elemen sekolah. Untuk menggali informasi tentang program maka peneliti mengobservasi, mewawancarai dan menganalisis dokumen pelakasnaan program dan disesuaikan dengan teori manajemen Stephen P. Robbins dan Mary Coulter Data kualitatif, diperoleh secara langsung maupun tidak langsung dari sumber, selanjutnya dilakukan reduksi data selama pengumpulan data dan membuat kode berdasarkan fokus penelitian. Untuk menjamin keabsahan data maka dilakukan triangulasi metode yaitu menggunakan metode yang sama kepada sumber yang berbeda tapi masih sangat dekat dengan informan. Jika hasil wawancara kurang meyakinkan maka dilakukan triangulasi sumber yaitu membandingkan apa yang dikatakan informan dengan pendapat orang lain dengan membandingkan data dari sumber yang sama dengan metode berbeda, yaitu membandingkan data dari hasil pengamatan pada subyek penelitian dengan hasil wawancara dengan subyek penelitian
Hasil Penelitian
Data yang diperoleh dari hasil observasi dipadukan dengan hasil wawancara dan melakukan triangulasi sumber mulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan monitoring dan evaluasi serta dampak sehingga disimpulkan bahwa, program pendidikan iman dan taqwa telah dilaksanakan selama 18 tahun lebih secara terus menerus dan telah terjadi pembiasaan dalam pelaksanaannya dan internalisasi nilai-nilai karater teramati dari perilaku peserta didik, program ini dicetuskan oleh kepala
v
sekolah ke-8 yang diinspirasi oleh kondisi lingkungan depan sekolah yang setiap hari menangani kasus-kasus penyakit sosial dan adanya sel tahanan bagi penyandang penyakit sosial, hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Perencanaan program telah berjalan dengan baik namun belum mencerminkan 8 tahap perencanaan Robbins hal ini disebabkan karena para pembina belum memiliki pengetahuan tentang teori manajemen, yang dilakukan adalah rapat yang difasilitasi pembina program dengan mengacu pada hasil temuan pelaksanaan satu tahun akademik dan saran/kebijakan kepala sekolah serta diputuskan melalui rapat lengkap yang didokumentasikan dengan surat keputusan, (2) Pengorganisasian, telah ada struktur arganisasi dan program kerja yang jelas dengan sistem pembagian tugas, serta pemanfaatan sarana dan prasarana telah diatur dalam surat keputusan sehingga pada pelaksanaan kegiatan tidak ditemukan permasalahan, (3) Penggerakan, sekolah telah berhasil melibatkan seluruh elemen proaktif terlibat dalam pelaksanaan seluruh kegiatan, kesuksesan sekolah adalah memberikan peran maksimal kepada pengurus OSIS untuk mengkoordinir seluruh kegiatan, (4) Monitoring dan Evaluasi dilakukan oleh seluruh elemen sekolah namun tidak menggunakan instrumen yang dapat mengukur tingkat keberhasilan program, temuan-temuan menjadi bahan diskusi secara tidak resmi dan hasilnya dijadikan sebagai rujukan dalam perbaikan pelaksanaan berikutnya, (5) Dampak, karena terjadi pembiasaan pada pelaksanaan program maka pada seluruh kegiatan pengurus OSIS telah mampu mengkoordinir kegiatan tanpa campur tangan pembina dan guru, perilaku siswa telah mencerminkan nilai-nilai ketaqwaan atau berkarakter.
Rekomendasi disampaikan kepada: (1) kepala sekolah hendaknya memprogramkan pelatihan manajemen kepada seluruh pembina program agar memiliki pengetahuan tentang manajemen sehingga dapat diimplementasikan pada kegiatan program pendidikan iman dan taqwa, (2)
vi
kepada seluruh pembina disarankan agar menganalisis kegiatan program satu periode dan menyusun standar keberhasilan masing-masing program sehingga dalam proses pengendalian program dapat terukur dan dapat dikembangkan menjadi program yang lebih baik lagi, (3) Kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur perlu menjadikan SMPN 1 Selong menjadi sekolah contoh dan rujukan pelaksanaan program pendidikan iman dan taqwa bagi sekolah sederajat lainnya, dan dalam pendirian satuan pendidikan, agar masalah lingkungan sekolah menjadi pertimbangan utama sebelum membangun satuan pendidikan, serta kepala dinas hendaknya. mempersyaratkan kemampuan manajerial seorang calon kepala sekolah untuk memimpin satuan pendidikan dan memiliki komitmen dalam mengembangkan program pendidikan iman dan taqwa
DD00002373 | D 2373 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain