Text
Keterampilan serangan beladiri anggar : studi eksperimen pengaruh metode pembelajaran dan kemampuan motorik pada mahasiswa FIK UNM
KETERAMPILAN SERANGAN BELADIRI ANGGAR
(Studi Eksperimen Pengaruh Metode Pembelajaran dan kemampuan motorik Pada Mahasiswa FIK UNM Makassar)
Ilham Kamaruddin
ABSTRAK
Penelitian eksperimental ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan kemampuan motorik hasil belajar keterampilan serangan beladiri anggar mahasiswa FIK UNM.. Kemampuan motorik terbagi menjadi dua bagian yaitu tinggi dan rendah. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, tahun akademik 2016/2017. Metode eksperimen menggunakan desain faktorial 2x3. Sampel terdiri dari 60 mahasiswa dibagi menjadi 6 kelompok, masing-masing terdiri dari 10 mahasiswa. Teknik analisis data adalah dua-arah analisis varians (ANOVA) dan dilanjutkan dengan uji Tukey pada tingkat signifikansi α = 0.05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran massed practice dan distributed practice terhadap keterampilan serangan beladiri anggar. (2) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran massed practice dan metode gabungan (Mix) terhadap keterampilan serangan beladiri anggar. (3) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran distributed practice dan metode gabungan (Mix) terhadap keterampilan serangan beladiri anggar. (4) Terdapat interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran dan kemampuan motorik terhadap keterampilan serangan beladiri anggar.(5) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran massed practice dan distributed practice terhadap keterampilan serangan beladiri anggar pada kelompok kemampuan motorik tinggi (6) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran distributed practice dengan metode gabungan (mix) terhadap keterampilan serangan beladiri anggar pada kelompok kemampuan motorik tinggi. (7) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran massed practice, dan distributed practice terhadap keterampilan serangan beladiri anggar pada kelompok kemampuan motorik rendah. (8) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Massed practice dengan metode gabungan (mix) terhadap keterampilan serangan beladiri anggar pada kelompok kemampuan motorik rendah.
Kata kunci: metode pembelajaran, kemampuan motorik dan keterampilan serangan beladiri anggar
DD00002405 | D 2405 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain