Text
Model pembelajaran keterampilan menulis esai argumentatif bahasa Inggris secara kolaboratif berbasis daring : penelitian pengembangan di Universitas Terbuka
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran keterampilan menulis esai argumentatif Bahasa Inggris secara kolaboratif berbasis daring. Pembelajaran kolaboratif yang merupakan pengejawantahan dari pendekatan konstruktivisme melandasi pengembangan model pembelajaran keterampilan menulis esai argumentatif Bahasa Inggris sebagai bahasa asing berbasis daring. Universitas Terbuka (UT) sebagai institusi pendidikan tinggi terbuka jarak jauh (PTTJJ) membutuhkan metode yang tepat untuk meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa, yaitu memberikan kesempatan dan fasilitas untuk berproses menulis berbasis daring secara optimal. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Gall, Gall, dan Borg yang mengadopsi model desain sistematik Dick, Carey, dan Carey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) mahasiswa membutuhkan lebih banyak materi otentik dan teknik yang tepat untuk meningkatkan keterampilan menulis menulis esai argumentatif Bahasa Inggris, (2) pembelajaran keterampilan menulis berbasis daring selama ini belum menerapkan metode kolaboratif secara optimal, (3) lima tahapan pembelajaran, yaitu construction, internalization, discussion, collaboration, dan expansion (CIDCE) dikembangkan dengan berfokus pada teknik menulis kolaboratif berbasis daring, 4) model pembelajaran keterampilan menulis esai argumentatif Bahasa Inggris layak untuk diujicobakan pada mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris, dan 5) terdapat perbedaaan yang signifikan pada hasil tulisan mahasiswa sebelum dan sesudah proses uji coba model berdasarkan hasil uji-t berpasangan yang dilakukan yaitu berada pada harga -3,488 dengan derajat bebas (db) sejumlah 18 dan kesimpulan taraf signifikansi (sig.) atau p-value pada 0,003
DD00002400 | D 2400 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain