Text
Pengembangan bahan ajar IPA berbasis tematik integrated kelas IV SD berdasarkan kurikulum 2013
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS TEMATIK INTEGRATED KELAS IV SD BERDASARKAN KURIKULUM 2013
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar IPA berbasis tematik Integrated kelas IV Sekolah Dasar berdasarkan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan model pengembangan yang merekomendasikan The Systematic Design of Instruction Dick Carey and Carey. Dari studi pendahuluan melalui observasi, wawancara dan angket di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran IPA Terpadu yang berlangsung di SDN Kelapa Dua 06 Pagi, masih minim bahan ajar yang digunakan dan bahan ajar yang ada belum meningkatkan meningkatkan kondisi inquiry siswa maka perlu dikembangkan bahan ajar (pembelajaran) IPA Terpadu dengan berbasis tematik integrated untuk siswa kelas IV sekolah Dasar. Validasi bahan ajar (pembelajaran) dilakukan oleh orang ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan ahli materi pembelajaran. Setelah dilakukan revisi kemudian diujicobakan melalui uji satu-satu, uji kelompok kecil dan uji kelompok besar, hasilnya menunjukkan bahwa bahan ajar IPA Terpadu berbasis tematik Integrated berdasarkan kurikulum 2013 berada dalam kategori baik. Responden yang berpartisispasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kelapa Dua 06 Pagi di Jakarta Barat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil uji coba efektivitas menunjukkan bahwa bahan ajar IPA Terpadu berbasis tematik Integrated berdasarkan kurikulum 2013 efektif dalam meningkatkan kondisi inquiry siswa.
Kata Kunci : penelitian dan pengembangan, bahan ajar, IPA, tematik integrated
DD00002347 | D 2347 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain