Text
Perbedaan tingkat kecemasan tes ditinjau dari bentuk tes
REZZA CITRAINI
PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN TES
DITINJAU DARI BENTUK TES
Skripsi
Program Studi Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi
Universitas Negeri Jakarta
2019
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang perbedaan tingkat kecemasan tes pada peserta didik ditinjau dari bentuk tes pilihan ganda dan menjodohkan. Populasi penelitian adalah 142 peserta didik Fakultas Pendidikan Psikologi angkatan 2018. Desain penelitian adalah eksperimen two-group pretest-posttest. Alat ukur yang digunakan adalah skala milik Irwin G. Sarason (1982) yaitu Reaction To Test. Hasil menunjukan tingkat kecemasan pilihan ganda lebih tinggi dari menjodohkan walaupun selisihnya tipis yaitu pilihan ganda (M=2.17)* dan menjodohkan (M=2.07)*, kemudian lewat perhitungan Cohen’d didapatkan hasil effect size sebesar 0.15.
Kata Kunci: Kecemasan tes, Pilihan ganda, Menjodohkan
*Dalam Satuan Logit
SS00020220 | SK 20220 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.09.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain