Text
Model pembelajaran smash bola voli dengan permainan pada siswa sekolah menengah atas
MODEL PEMBELAJARAN SMASH BOLA VOLI DENGAN PERMAINAN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS
RINGKASAN
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan smash bola voli dan sebagai referensi guru dalam melakukan pembelajaran bola voli. Penelitian ini menggunakan metode research and development yang diambil dari borg and gall. Dalam validasi uji kelayakan model peneliti bekerjasama dengan dosen bola voli, dosen pembelajaran dan dosen permainan. Terdapat 20 model awal pembelajaran smash bola voli sebelum tahap uji kelayakan model. Setelah dilakukannya validasi kelayakan model, terdapat 18 model yang layak digunakan dalam penelitian ini.
Penelitian ini dilakukan pada 3 sekolah yang berbeda. Penelitian kelompok kecil dilakukan dengan mengambil sampel 15 orang. Penelitian kelompok besar dilakukan terhadap 3 sekolah dengan mengambil sampel 1 kelas pada setiap sekolah dengan jumlah siswa 105 orang. Dalam penelitian ini kuesioner kemenarikan dan kemudahan diberikan kepada siswa untuk mengetahui apakah model yang dibuat menarik dan mudah untuk dilakukan. Hasil kuesioner yang diberikan kepada siswa pada penelitian kecil yaitu kemenarikan 76,52% dan kemudahan 74,96%. Pada penelitian besar kemenarikan 80,98% dan kemudahan 79,07%. Hasil akhir dari penelitian ini adalah berupa buku yang diharapkan mampu menjadi referensi guru dalam melakukan pembelajaran khususnya smash bola voli.
Kata Kunci : smash bola voli, model pembelajaran, permainan
SS00020149 | SK 20149 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain