Text
Visualisasi jeritan hidup anak tuna rungu dalam karya Tari Liku Kutali Tuliku
ABSTRAK
Nadhifa Prilista, 2019. Visualisasi Jeritan Hidup Anak Tuna Rungu Dalam Karya Tari Liku Kutali Tuliku. Program Pendidikan Tari, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Karya tari ini bertujuan untuk mengungkapkan perjalanan hidup seorang anak tuna rungu dalam mewujudkan cita-citanya. Ketidakmampuan mendengar menjadikan kaum tuna rungu sering menjadi korban sehingga membatasi pergaulan dan minder dengan lingkungan sosialnya. Tetapi keterbatasan fisik bukan suatu penghalang untuk mencapai cita-citanya.
Penggarapan karya tari ini, dengan menggunakan metode karya Alma. M Hawkins : Mengungkapkan, melihat, mengkhayalkan, mengejewantahkan, pembentukan dan evaluasi. Diungkapkan melalui gerak ruang, waktu, serta desain komposisi tari dan estetika, Kemudian, hal itu diformulasikan ke dalam gerak tari yang memiliki makna representasional simbolik. Proses menciptakan karya tari melalui tahapan mencari ide, menghayalkan, merasakan, eksplorasi, pembentukan, penyelesaian, dan evaluasi. Karya tari diiringi dengan musik suasana yang disesuaikan menggunakan alat musik elektroknik seperti keyboard dan gitar listrik. Dan menggunakan kostum keseharian yang melambangkan karakter masing-masing penari.
Hasil karya tari ini dipentaskan di gedung Kesenian Miss Tjitjih pada tanggal 13 Januari 2019 dan ditulis dalam sebuah laporan skripsi yang memberika dampak positif terhadap masyarakat.
Kata kunci : Visualisasi, Tuna Rungu, Liku Kutali Tuliku
SS00019702 | SK 19702 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain