Text
The alignment between intended learning outcomes and student's tasks in BSE Bahasa Inggris textbook kelas VIII semester 2 in terms of Bloom's Revised Taxonomy
ABSTRAK
Isrin Maghfiroh, 2018. Keselarasan antara Tujuan Pembelajaran and Tugas Siswa dalam buku BSE Bahasa Inggris kelas VIII Semester 2 berdasarkan Teori Revisi Taksonomi Bloom. Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. November 2018.
Penilitian ini bertujuan untuk memperoleh profil keselarasan antara tujuan pembelajaran dan tugas siswa dalam buku BSE Bahasa Inggris kelas VIII Semester 2 berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom. Buku teks tersebut telah menjadi satu-satunya buku resmi yang mendukung implemetasi Kurikulum 2013 (K-13). Penelitian kualitatif ini menggunakan analisis konten sebagai metode penelitian. Data penelitian terdiri atas 13 pernyataan tujuan pembelajaran yang ditemukan dari buku guru dan buku siswa. Tabel kognitif proses Revisi Taksonomi Bloom digunakan untuk mengkodifikasikan perolehan data dan menggunakan analisis sederhana untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian. Hasil temuan dari kognitif proses dan pengetahuan kognitif pada tujuan pembelajaran dan tugas siswa ditunjukkan pada sel yang sama atau selaras. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tujuan pembelajaran yang paling sering muncul adalah pada tingkatan memahami dengan 77% dan tugas siswa yang sering muncul adalah pada tingkat mengingat dengan 46%. Pernyataan keselarasan pada tujuan pembelajaran dan tugas siswa di dalam setiap bab pada buku mempunyai hasil yang sedikit. Sebagai tambahan tingakatan mengevaluasi tidak ditemukan.
Kata kunci: Keselarasan, Tujuan Pembelajaran, Ranah Kognitif Proses, Tugas Siswa, Revisi Taksonomi Bloom, Pengetahuan Kognitif, Buku.
SS00019733 | SK 19733 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain