Text
The effects of using kahoot! in learning vocabulary through individual and team mode of learning
ABSTRAK
Atiqi Kholisny Batubara. 2019.Efek Penggunaan Kahoot! Secara Individu dan Tim Pada Pembelajaran Kosakata Pada Siswa Tingkats VII SMP Al Ghurabaa. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Program berbasis game respon: Kahoot! memberikan guru kemudahan untuk menyampaikan pertanyaan selama pembelajaran dan secara langsung memperoleh tanggapan siswa yang dikirim melalui telfon genggam, laptop, ataupun tablet. Penelitian ini dilakukan untuk menginvestigasi efek penggunaan kahoot! secara individu dan tim pada hasil nilai post-test pembelajaran kosakata siswa tingkat VII SMP Al Ghurabaa Jakarta. Ada 3 grup yang diteliti sebagai fokus penelitian; (i) Kahoot! mode individu (EG1), (ii) Kahoot! mode tim (EG2), dan (iii) Kelas biasa (CG) sebagai grup kontrol. Model Quasi-Experimental digunakan dalam penelitian ini dengan pre-test dan post-test yang digunakan untuk membandingkan efek ketiga grup dalam hasil post-test pada pembelajaran kosakata, mencocokkan gambar dengan kata yang tepat sebagai sasaran penelitian. Nilai post-test dianalisa dengan menggunakan analisa statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang berarti pada nilai post-test dalam pembelajaran vocabulary menggunakan mode tim (EG2).
Keywords: ICT (Information, Communication, and Technology), ICT Tools, Kahoot! Digital Learning Platform, Kahoot! Individual and Team Mode, Individual Learning, Team Learning, Learning Vocabulary
SS00019719 | SK 19719 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain