Text
Pengaruh penggunaan serious game terhadap perubahan konseptual peserta didik kimia kelas X pada materi konsep mol di SMA Negeri 67 Jakarta
ABSTRAK
Tomy Susanto, Pengaruh Penggunaan Serious Game Terhadap Perubahan Konseptual Peserta Didik Kelas X Pada Materi Konsep Mol. Jakarta : Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Februari 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan konseptual peserta didik dengan menggunakan Serious Game. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 67 Jakarta. Responden yang dijadikan sampel adalah yang menyukai game (gamers) dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling menggunakan wawancara berbasis terminologi. Responden yang digunakan berjumlah 50 peserta didik dari seluruh peserta didik kelas X MIA. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimentral dengan desain The Equivalent Time-Samples Design. Sebelum dilakukan penggunaan Serious Game peserta didik diberikan pretest. kemudian posttest setelah perlakuan pertama, dilanjutkan dengan tahap kontrol, pretest sebelum perlakuan kedua, dan diakhiri dengan posttest. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil pretest sebelum dan sesudah perlakuan pertama berturut-turut sebesar 27.6, dan 67.6, kemudian rata-rata hasil pretest sebelum dan sesudah perlakuan kedua berturut-turut sebesar 23.4, dan 72.5. Pengujian terhadap hipotesis diperoleh nilai probabilitas (sig.) sebesar 0.00 lebih kecil daripada 0.05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan konseptual peserta didik setelah penerapan Serious Game.
Kata kunci: Conceptual Change, Serious Game, Konsep Mol
SS00019938 | SK 19938 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain