Text
Pengembangan bahan ajar biodiesel sebagai media pembelajaran kimia dalam upaya mendukung pembangunan berkelanjutan
ABSTRAK
YOGI ARDIYAN PRAMUDITYA. Pengembangan Bahan Ajar Biodiesel Sebagai Media Pembelajaran Kimia Dalam Upaya Mendukung Pembangunan Bekelanjutan. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Februari 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar biodiesel sebagai media pembelajaran kimia dalam upaya mendukung pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini dilaksanakan pada Januari – Februari 2019 di SMAN 42 Jakarta Kelas XI IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan tahapan analisis kebutuhan, pengembangan produk, uji validasi produk oleh ahli, uji coba produk oleh perserta didik, dan revisi produk akhir. Produk yang dihasilkan adalah bahan ajar berupa buku pengayaan. Rerata hasil uji kelayakan oleh ahli materi berdasarkan beberapa indikator menghasilkan persentase 98.07 dan ahli media memberikan persentase 91.25 dengan interpretasi sangat baik. Hasil perhitungan reliabilitas oleh ahli materi memiliki nilai r sebesar 0,79 dengan interpretasi baik dan ahli media menghasilkan nilai r sebesar 0,81 dengan interpretasi sangat baik. Uji coba bahan ajar pada perseta didik oleh kelompok kecil berdasarkan indikator keseluruhan menunjukan rerata persentase sebesar 81.85 dengan katogeri sangat baik dan uji coba oleh kelompok besar menunjukan rerata persentase 85,76 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahan ajar biodiesel sebagai media pembelajaran kimia dalam upaya mendukung pembangunan berkelanjutan sudah baik dan layak digunakan dalam pembelajaran kimia.
Kata Kunci: Bahan ajar, media pembelajaran, biodiesel, pembangunan berkelanjutan
SS00019947 | SK 19947 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain