Text
Pengembangan paket pembelajaran multi media untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII di MTSN
PENGEMBANGAN PAKET PEMBELAJARAN MULTI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
KELAS VIII DI MTSN
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan Paket Pembelajaran Multi Media Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII di MTsN. Paket Pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain Sitepu untuk buku teks pelajaran dan Hannafin and Peck untuk media pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 24 Jakarta dengan Subjek Penelitian yaitu siswa kelas VIII yang belum mencapai Kriteria Kentutasan Minimum. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, intrument test berupa soal pre-test dan post-test, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dari uji pakar yang terdiri dari ahli materi, media dan desain instruksional dapat dinyatakan bahwa paket pembelajaran multi media layak untuk digunakan. Hasil dari uji satu-satu menunjukkan dari segi tampilan, aspek penyajian materi, serta aspek manfaat sudah sangat baik. Hasil dari uji keterbacaan menyatakan bahwa paket pembelajaran multi media dari segi tingkat keterbacaan dianggap mudah. Hasil uji coba lapangan terjadi peningkatan sebesar 17,00 antara skor pre-test (60,71) dan skor post-test (77,71), yang berarti bahwa Paket Pembelajaran Multi Media yang dikembangkan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci: paket pembelajaran, multi media, hasil belajar
TM00005887 | TM 5887 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain