Text
Student's efforts to succeed in English class : a case study on a student with low-income background at SMK Jakarta Pusat I
ABSTRAK
R.SRI AYU INDRAPURI, 2019. Upaya siswa untuk berhasil di kelas bahasa Inggris: Studi kasus pada siswa dengan latar belakang berpenghasilan rendah di SMK Jakarta Pusat 1. Tesis. Fakultas Bahasa dan Seni, Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Negeri Jakarta.
Studi kasus ini bertujuan untuk menggambarkan upaya apa yang telah dilakukan oleh siswa berpenghasilan rendah untuk berhasil di kelas bahasa Inggris. Partisipan dari penelitian ini adalah siswa yang menerima Kartu Jakarta Pintar (KJP) di SMK Jakarta Pusat 1. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen. Data dianalisis secara kualitatif dengan membaca ulang semua data dengan hati-hati dan mengkode data berdasarkan pertanyaan penelitian. Temuan menunjukkan bahwa siswa berpenghasilan rendah telah menggunakan tiga jenis upaya: berorientasi pada aturan, upaya prosedural dan intelektual untuk berhasil di kelas bahasa Inggris. Upaya berorientasi aturan dilakukan dengan menghadiri kelas secara teratur, upaya prosedural dilakukan dengan menyelesaikan tugas secara konsisten, mengumpulkan tugas tepat waktu dan membangun keterlibatan dalam proses pembelajaran. Upaya intelektual dilakukan dengan mejawab semua tugas secara benar. Kemudian, siswa tersebut juga telah mengimplementasikan upaya prosedural di luar sekolah seperti di rumah dan perpustakaan dengan menyelesaikan tugas secara konsisten. Upaya ini telah membuatnya mendapatkan prestasi yang signifikan dalam belajar bahasa Inggris seperti yang ditunjukkan dalam skor bagusnya di kelas bahasa Inggris.
Kata Kunci : upaya siswa, keberhasilan dalam belajar bahasa Inggris, siswa berpenghasilan
rendah.
TM00005927 | TM 5927 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain