Text
Pengaruh elektronic Word Of Mouth (e-WOM) pada akun kuliner Jakarta di instagram terhadap sikap konsumen serta dampaknya pada minat beli konsumen
ABSTRAK
MAYURI ALMI SAPUTRI, 2019; Pengaruh Electronic Word of Mouth (e-WOM)
pada Akun Kuliner Jakarta di Instagram terhadap Sikap Konsumen serta
Dampaknya pada Minat Beli Konsumen. Skripsi, Jakarta: Program Studi S1
Manajemen, Konsentrasi Manajemen Pemasaran, Fakultas Ekonomi,
Universitas Negeri Jakarta. Tim Pembimbing: Setyo Ferry Wibowo, SE, M.Si &
Andrian Haro, S.Si, MM
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui dan menjelaskan adanya pengaruh
positif Electronic Word of Mouth Instagram terhadap sikap konsumen pada akun
kuliner Jakarta. 2) Mengetahui dan menjelaskan adanya pengaruh positif
Electronic Word of Mouth Instagram terhadap minat beli konsumen pada akun
kuliner Jakarta. 3) Mengetahui dan menjelaskan adanya pengaruh positif antara
sikap konsumen terhadap minat beli konsumen pada akun kuliner Jakarta. Objek
penelitian ini ialah 200 responden yang merupakan pengguna media sosial
Instagram dan familiar dengan akun-akun kuliner Jakarta di Instagram. Metode
analisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat bantu
SPSS dan LISREL. Analisa deskriptif menjelaskan bahwa responden
menggunakan media sosial Instagram sebagai media untuk mencari informasi
mengenai kuliner di Wilayah Jakarta melalui e-WOM Instagram, mempengaruhi
sikap mereka dengan memanfaatkan informasi tersebut sebagai referensi sebelum
wisata kuliner, sehingga timbul minat untuk membeli. Hasil hipotesis
menunjukkan: 1) e-WOM berpengaruh terhadap minat beli sebesar 84%, 2) eWOM berpengaruh terhadap sikap sebesar 84%, 3) Sikap berpengaruh terhadap
minat beli sebesar 35%.
Kata kunci: e-WOM, Sikap, Minat Beli, Instagram, Kuliner
SS00020085 | SK 20085 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain