Text
Pengaruh metode blended learning dan bentuk tes terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di SMA Negeri Jakarta Timur
ABSTRAK
Pingky Kandy. “Pengaruh Metode Blended Learning dan Bentuk Tes Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS Di SMA Negeri Jakarta Timur’. Skripsi. Pendidikan Ekonomi Koperasi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Blended Learning dan Bentuk Tes Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS Di SMA Negeri Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 212 orang . Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik jenuh. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Hasil uji anava dengan sig.0,14 < 0,05 artinya terdapat perbedaan kemampuan berfiki kritis antara siswa yang menggunakan metode blended learning dengan metode konvensional, 2) Hasil uji anava dengan sig.0,17 < 0,05 artinya terdapat perbedaan kemampuan berfiki kritis antara siswa yang diberi bentuk tes essay dan pilihan ganda, 3) Hasil uji anava dengan sig.0,000 < 0,05 artinya terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan bentuk tes terhadap kemampuan berpikir kritis, 4) selanjutnya, dengan hasil perhitungan uji t-Dunnet 5,22 > t tabel (1,645) artinya terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang diberi bentuk tes essay pada metode blended learning dan metode konvensional, 5) Hasil perhitungan uji t-Dunnet -1,69 > t tabel (1,645) artinya terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang diberi bentuk tes pilihan ganda pada metode blended learning dan metode konvensional, 6) selanjutnya, dengan hasil perhitungan uji t-dunnet 5,12 > t tabel (1,645) artinya terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan metode blended learning dengan pemberian bentuk tes essay dan pilihan ganda, 7) hasil perhitungan uji t-dunnet -1,74 > t tabel (1,645) artinya terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan metode konvensional dengan pemberian bentuk tes essay dan pilihan ganda.
Kata Kunci : Blended Learning, Bentuk Tes, dan Kemampuan Berpikir Kritis
SS00020369 | SK 20369 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain