Text
Pengaruh model pembelajaran ideal problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMP Negeri 1 Jakarta
ABSTRAK
SYARIFAH MUTHMAINNAH. Pengaruh Model Pembelajaran IDEAL Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMP Negeri 1 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran IDEAL Problem Solving berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMP Negeri 1 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan nonequivalent posttest-only control group design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Two Stage Sampling. Stage pertama menggunakan teknik purposive sampling dan stage kedua menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas VIII-C terpilih sebagai kelas eksperimen, yaitu kelas yang memperoleh perlakuan berupa penerapan model pembelajaran IDEAL Problem Solving dan kelas VIII-F terpilih sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data setelah perlakuan, diketahui bahwa data hasil postes kelas eksperimen dan kelas kontrol berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama atau homogen, sehingga uji analisis data dilakukan menggunakan Uji t sampel independen. Melalui pengujian hipotesis statistik, diperoleh thitung=3,411 dan ttabel=1,669, sehingga thitung>ttabel, maka Tolak H0. Hasil tersebut memberikan kesimpulan bahwa model pembelajaran IDEAL Problem Solving berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMP Negeri 1 Jakarta pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar dengan taraf signifikansi α=0,05. Besar pengaruh yang diberikan model tersebut tergolong besar dengan persentase 79%. `.
Kata Kunci: Model Pembelajaran IDEAL Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.
SS00020448 | SK 20448 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain