Text
Pengembangan e-modul materi momemtum dan implus berbasis Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA kelas X
ABSTRAK
YASMINE MAYA SAVIRA, 2019. Pengembangan E-Modul Materi Momentum dan Impuls Berbasis Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA Kelas X. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Agustus 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul materi momentum dan impuls berbasis Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) yang dilengkapi dengan soal-soal HOTS untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE meliputi lima tahapan, yaitu tahap analisis (Analyze), tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (Implementation), dan tahap evaluasi (Evaluate). Produk dibuat menggunakan software 3D Pageflip Professional 1.7.7. Penilaian angket uji validasi diinterpretasikan dengan Skala Likert. Hasil uji validasi oleh ahli materi diperoleh 82.78% dengan kategori sangat layak, hasil uji validasi oleh ahli media diperoleh 88.81% dengan kategori sangat layak, dan hasil uji validasi oleh ahli pembelajaran diperoleh 80.83% dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba lapangan oleh guru fisika SMA kelas X dan XI diperoleh 98.25% dengan kategori sangat layak dan hasil uji coba lapangan oleh siswa diperoleh 92.05% dengan kategori sangat layak. Uji coba lapangan kepada 36 siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 44 Jakarta diperoleh hasil rata-rata nilai pre-test sebesar 35.00 dan post-test sebesar 66.25. Hasil yang diperoleh pada uji Gain sebesar 0.485 dengan klasifikasi sedang. Berdasarkan hasil uji validasi dan uji coba lapangan, dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan telah layak digunakan sebagai bahan ajar mandiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi momentum dan impuls.
Kata Kunci: E-modul, Momentum dan Impuls, POGIL, HOTS, Bahan ajar, 3D PageFlip
SS00020479 | SK 20479 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain