Text
Pengembangan media pop-up book peripanca pada pembelajaran PPKN SD tema tugasku sehari-hari di kelas II sekolah dasar : penelitian dan pengembangan di SDN Ulujami 06 Pagi jakarta Selatan
PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK PERIPANCA PADA PEMBELAJARAN PPKN SD TEMA TUGASKU SEHARI-HARI
DI KELAS II SEKOLAH DASAR (2019) Ade Meiga Mujiyanti Hidayat ABSTRAK
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran yang berjudul Pop-Up Book Peripanca “Indahnya Kebersamaan dalam Keberagaman”. Produk tersebut diperuntukan bagi peserta didik kelas II Sekolah Dasar pada pembelajaran PPKn tema “Tugasku Sehari-Hari”. Penelitian ini dilakukan di SDN Ulujami 06, Pesanggrahan Jakarta Selatan. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Borg and Gall adopsi evaluasi Dick and Carey. Responden dalam penelitian dan pegembangan ini meliputi dosen ahli media, dosen ahli materi, dosen ahli bahasa, ahli pemeriksa (guru kelas II SDN Ulujami 06 Pagi) serta peserta didik kelas II SDN Ulujami 06 Pagi. Hasil rekapitulasi ahli media sebesar 98%, ahli materi sebesar 98%, ahli bahas sebesar 83.33% dan ahli pemeriksa (guru kelas) sebesar 97.33%. Selain itu hasil dari tahap uji coba One to One sebesar 96.67%, Small Group 98.89% dan Field Test sebesar 99.13%. Berdasarkan hasil Expert Review dan uji coba yang dilakukan dapat dinyatakan bahwa produk Pop-Up Book Peripanca “Indahnya Kebersamaan dalam Keberagaman” merupakan produk yang valid dan layak untuk digunakan sebagai alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan secara individu maupun kelompok dalam pembelajaran PPKn kelas II Sekolah Dasar tema “Tugasku Sehari-Hari”.
Kata Kunci: Pop-Up Book, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Penelitian dan Pengembangan
SS00020683 | SK 20683 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.010) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain