Text
Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMK Negeri 27 Jakarta
IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
(PKB) DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU
DI SMK NEGERI 27 JAKARTA
(2019)
ADE SETIAWAN
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pelaksanaan
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) guru SMK Negeri 27
Jakarta, (2) alasan guru SMK Negeri 27 Jakarta dalam melaksanakan
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), (3) faktor pendukung dan
penghambat yang dihadapi ketika mengikuti Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan (PKB), (4) upaya-upaya guru SMK Negeri 27 Jakarta dalam
mengatasi hambatan pada pelaksanaan Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan (PKB).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif. Sumber data penelitian kepala sekolah, koordinator pengem bangan
SDM, 3 guru kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan penarikan
kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan
triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan PKB meliputi
kegiatan diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru. Kegiatan publikasi ilmiah
dan karya inovatif belum optimal, (2) alasan guru mengikuti PKB adalah untuk
meningkatkan profesionalitas mereka, (3) faktor pendukung dan penghambat
dalam pelaksanaan PKB berasal dari Dinas, lembaga dan diri sendiri, (4)
upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan adalah dengan
meningkatkan kegiatan dalam PKB serta menjadi guru yang lebih mandiri.
Kata kunci: guru, pengembangan keprofesian berkelanjutan, sekolah
menengah kejuruan
SS00020716 | SK 20716 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain