Text
Pemerolehan makna leksikal pada anak usia tiga tahun tinjauan psikolinguistik
ABSTRAK
Lucky Kusumawardani. 2019. Pemerolehan Makna Leksikal pada Anak Usia Tiga Tahun Tinjauan Psikolinguistik. Skripsi, Program Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan memperoleh informasi tentang pemerolehan makna leksikal yang terdapat dalam ujaran anak berusia tiga tahun tinjauan psikolinguistik. Objek penelitian adalah 2 anak berusia tiga tahun di PAUD Caraka Nanda II. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Penelitian difokuskan pada pemerolehan semantik khususnya pada bagian kategori makna leksikal yaitu kategori verba tipe 1-12 dan kategori adjektiva tipe 1-8 pada anak berusia tiga tahun. Data diperoleh dari ujaran anak laki-laki dan perempuan berusia tiga tahun. Hasil penelitian ditemukan 500 ujaran pada anak laki-laki dan perempuan, terdiri atas 342 ujaran kategori verba, tipe 1 sebanyak 26 ujaran, tipe 2 sebanyak 80 ujaran, tipe 3 sebanyak 72 ujaran, tipe 4 sebanyak 5 ujaran, tipe 5 sebanyak 8 ujaran, tipe 6 sebanyak 35 ujaran, tipe 7 sebanyak 10 ujaran, tipe 8 sebanyak 7 ujaran, tipe 9 sebanyak 6 ujaran, tipe 10 sebanyak 67 ujaran, tipe 11 sebanyak 26 ujaran, tipe 12 tidak terdapat. Pada kategori adjektiva sebanyak 204 ujaran, tipe 1 sebanyak 34 ujaran, tipe 2 sebanyak 6 ujaran, tipe 3 sebanyak 31 ujaran, tipe 4 sebanyak 1 ujaran, tipe 5 sebanyak 23 ujaran, tipe 6 sebanyak 1 ujaran, tipe 7 sebanyak 3 ujaran, tipe 8 sebanyak 105 ujaran. Simpulan yang diperoleh dalam pemerolehan makna leksikal pada anak usia tiga tahun tinjauan psikolinguistik, data tertinggi yaitu pada kategori adjektiva tipe 8 sebanyak 105 ujaran (51,47%) yang diujarkan anak laki-laki dan perempuan anak berusia tiga tahun. Data terendah yang diperoleh yaitu kategori verba tipe 12 tidak ditemukan dalam penelitian ini (0%). Penelitian ini secara khusus diimplikasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII semester 2 yaitu pada KD 3.16 tentang menelaah struktur dan kebahasaan fabel/lengenda daerah setempat yang dibaca dan didengar. KD 4.16 tentang memerankan isi fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar.
Kata Kunci: pemerolehan makna leksikal, kategori verba dan adjektiva, anak usia tiga tahun
SS00020785 | SK 20785 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain