Text
The analysis of bloom's revised taxonomy in language skills learning outcomes of English Literature Study Program Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Muhammad Bahrul Ulum. 2019. The Analysis of Bloom’s Revised Taxonomy in Language Skill Learning Outcomes of English Literature Study Program Universtias Negeri Jakarta. Skripsi. Jakarta: Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, Agustus 2019.
Perkembangan Bahasa Inggris sebagai Bahasa kedua telah memasuki tahapan selanjutnya. Perubahan terjadi ketika adanya sebuah tuntutan oleh modernisasi yang membuat pendidikan berganti haluan menjadi relevan dengan para penggunanya, merupakan sebuah indikator perubahan yang mendasar (Waters, A. & Vilches, M. L., 2008, p.23). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis silabus capaian mata kuliah keterampilan progam studi Sastra Inggris Universitas Negeri Jakarta. Kualitatif konten analisis digunakan dengan menganalisa konten dari Syllabus mata kuliah keterampilan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) dari 311 learning outcomes, 97% telah di klasifikasikan ke dalam Bloom’s Classification sedangkan 3% sisanya tidak dapat di identifikasi. (2) dari 311 learning outcomes, 48% telah mengakomodasi HOTS, 49% mengakomodasi LOTS dan 3% sisanya tidak dapat di identifikasikan. (3) Terdapat 60 Subjek (konten) yang diambil dari 7 mata kuliah keterampilan, dan subjek tersebut telah terintegrasikan di dalam learning outcomes.
Kata Kunci: English Curriculum, Industry 4.0, Bloom’s Revised Taxonomy, HOTS, Learning Outcomes
SS00020817 | SK 20817 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain