Text
Pengembangan video knowledge capture mata kuliah difusi inovasi pendidikan di Prodi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Ardiansyah. Pengembangan Video Knowledge Capture Mata Kuliah Difusi
Inovai Pendidikan Di Prodi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk
pengembangan berupa Video Knowledge Capture pada Mata kuliah Difusi
Inovasi Pendidikan di Prodi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.
Diharapkan video yang dikembangkan dapat menjadi sumber belajar
mahasiswa Teknologi Pendidikan. Pengembangan video knowledge capture
ini menggunakan model pengembangan Video Nonlinear oleh Pustekkom,
Model ini memiliki 3 tahapan besar dan sub tahapan disetiap tahapan. 3
Tahapan dan sub tahapan yaitu Perencanaan (Analisis
Kebutuhan,Penyusunan GBIM & JM, dan Penulisan Naskah), Produksi
(Persiapan, Pelaksanaan, dan Penyelesaian), dan Evaluasi (Evaluasi
Pramaster, Revisi, dan Uji Lapangan).
Penelitian ini melibatkan tiga tahap uji coba pramaster yaitu Expert
review, One to One, dan Small Group. Pengembangan ini melibatkan expert
review yaitu sebagai ahli materi Retno Widyaningrum, S.kom, M.M dan ahli
media Diana Ariani, M.Pd. Evaluasi formatif yang dilakukan oleh peneliti
mengacu pada Survey Web Bali Universitas Negeri Jakarta dan menggunakan
skala likert yaitu 1-4. Hasil uji coba yang dilakukan memperoleh nilai rata-rata
dari expert review 3,85, Hasil uji coba one to one adalah 3,28 dan Hasil uji coba
Small Group adalah 3,42. Secara keseluruhan dapat dikatakan media video
knowledge capture yang dikembangkan layak untuk dijadikan bahan belajar.
Khususnya pada mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan.
Kata Kunci : Pengembangan, Video Knowledge Capture, Model Video
Nonlinear Pustekkom.
SS00020686 | SK 20686 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain