Text
Pengaruh penggunaan cinematherapy dalam konseling kelompok terhadap peningkatan keterampilan sosial remaja : studi kuasi eksperimen pada peserta didik kelas X di SMK Muhammdiyah 6 Jakarta
PENGGUNAAN CINEMATHERAPY DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL REMAJA
Ambarwati Khairunnisa
ambarunnisa@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan cinematherapy dalam konseling kelompok terhadap peningkatan keterampilan sosial remaja. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 6 Jakarta pada bulan Agustus 2018 sampai dengan Agustus 2019. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Social Skill Inventory (SSI) yang memiliki 90 butir pernyataan valid dan memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,95. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji Mann Whitney U pada kelompok eksperimen diperoleh hasil asymp. Sig. (2 tailed) sebesar 0,009. Hasil perhitungan menunjukkan Sig. (2 tailed) < α = 0,05 sehingga berada di daerah penolakan H0 dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan keterampilan sosial yang mendapatkan layanan dengan cinematherapy lebih besar dibandingkan rata-rata peningkatan keterampilan sosial peserta didik yang tidak mendapatkan layanan dengan menggunakan cinematherapy. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap peningkatan keterampilan sosial peserta didik pada kelompok eksperimen yang memiliki keterampilan sosial rendah. Cinematherapy dapat diterapkan oleh guru bimbingan dan konseling di sekolah sebagai salah satu teknik yang tepat dalam membantu menangani permasalahan peserta didik yang memiliki keterampilan sosial rendah.
Kata Kunci: Cinematherapy, Konseling Kelompok, Keterampilan Sosial
SS00020687 | SK 20687 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain