Text
Pengembangan media pembelajaran card sort pada materi Asmaul Husna : studi kasus TPQ Ash-Shiddiqiyah Bekasi Barat
ABSTRAK
Qothrun Nada, Pengembangan Media Pembelajaran Card Sort pada
Materi Asmaul Husna (Studi Kasus: TPQ Ash-Shiddiqiyah Bekasi Barat),
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas
Negeri Jakarta, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran card
sort pada materi Asmaul Husna, untuk mengetahui penilaian ahli media dan ahli
materi tentang produk pengembangan media yang dihasilkan oleh peneliti serta
untuk mengetahui penilaian guru dan santri TPQ Ash-Shiddiqiyah terhadap
pengembangan media pembelajaran card sort pada materi Asmaul Husna yang
peneliti kembangkan. Penelitian ini menggunakan teori R&D menurut Borg and
Gall yang menyatakan bahwa penelitian dan pengembangan merupakan proses
pengembangan dan validasi produk pendidikan. Lalu peneliti menggunakan teori
yang dikemukakan oleh Briggs bahwa media adalah segala bentuk alat fisik yang
dapat menyajikan pesan serta merangsang peserta didik untuk belajar.
Adapun metode yang digunakan adalah metode Research and
Development model Borg and Gall. Data yang disajikan dalam bentuk deskriptif
data. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi
partisipasi, wawancara, dan penyebaran angket. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa media card sort yang dikembangkan dinilai melalui validasi ahli media
dengan perolehan sebesar 4,7 dengan kategori “Sangat Baik” dan validasi ahli
materi dengan perolehan 4,2 dengan kategori “Baik”. Selain validasi, media yang
dikembangkan diujicobakan kepada guru dan santri TPQ Ash-Shiddiqiyah Bekasi
Barat. Hasil penilaian guru terhadap media yang dikembangkan peneliti yaitu
media ini dalam kategori “Baik” dengan rata-rata 4,2. Kemudian media card sort
diujicobakan kepada santri sebanyak tiga kali. Uji coba pertama yaitu uji coba
perorangan dengan perolehan prosentase sebesar 94%. Selanjutnya uji coba kedua
atau uji coba ke kelompok kecil dengan perolehan prosentasi sebesar 92% dan
yang terakhir, uji coba lapangan dengan jumlah santri 15 orang dengan hasil
prosentase yaitu 92%. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran card
sort Asmaul Husna ini dalam kategori “Sangat Baik” dan layak digunakan.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Card Sort, Asmaul Husna.
SS00020985 | SK 20985 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain