Text
Upaya meningkatkan hasil belajar servis atas bola voli dengan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa SMKN 29 Jakarta
RINGKASAN
Reza Mahendra, Upaya Peningkatan Hasil Belajar Servis Atas Bola Voli Dengan Model Pembelajaraan Berbasis Masalah Pada Siswa SMKN 29 Jakarta. (2019). Skirpsi. Jakarta : Fakultas Ilmu Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negri Jakarta, Juli 2019.
Peneliti ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran servis atas bola voli melalui variasi pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 29 Jakarta, dilaksanakan pada semester I tahun 2018/2019 dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan di mulai pada tanggal 11 April sampai dengan 2 mei, metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan pengambilan data kualitatif. Dalam pelaksanaannya, peneliti ini melibatkan dua orang yang ahli dalam pendidikan jasmani khususnya cabang olahraga bola voli sebagai kolabolator. Penelitian ini menggunakan dua tahapan siklus, yaitu siklus I dan siklus II dan diawali dengan kegiatan observasi awal. Penelitian ini dilaksanakan bersamaan dengan pembelajaran pendidikan jasmani disekolah.
Kegiatan siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakan satu memberikan hasil sebagai berikut : 1) siswa masih belum paham konsep servis atas bola voli. 2) siswa belum dapat melakukan tahapan persiapan sikap kaki dengan sempurna yaitu dikarnakan kedua kaki tidak dalam posisi melangkah berat badan tidak terbagi seimbang. 3) siswa belum dapat melakukan gerakan perkenaan dengan bola dikarenakan bola dilempar terlalu tinggi dan terlalu kedepan, bola tidak dipukul dengan telapak tangan dirapatkan atau dikuatkan. 4) Siswa belum dapat melaksanakan gerakan akhir dengan sempurna dikarenakan siswa setelah memukul bola tidak diikuti posisi siap untuk melangkah masuk kedalam lapangan. 5) siswa sudah menunjukan sikap yang positif khususnya motivasi dan keberanian yang
iv
meningkat. Kegiatan siklus kedua yang direalisasikan melalui tindakan II memberikan hasil sebagai berikut: 1) siswa paham atas konsep servis atas bola voli. 2) siswa dapat melakukan tahapan servis atas bola voli. 3) motivasi dan keberanian siswa meningkat saat mengikuti pembelajaran. Diperoleh kecermataan dalam mengidentifikasi dan memberikan konsep pembelajaran servis atas bola voli melalui varasi pembelajaran yang mengarah pada pembiasaan, dengan pemilihan metode pembelajaran yang diarahkan pada aktivitas gerak pembelajaran servis atas dan efektifitas kebenaran teknik sesuai dengan teori yang ada dan pengahayatan atau penjiwaaan gerak. Sehingga pada saat pelaksanaan kegiatan belajar mengajar timbul semangat dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran servis atas bola voli, serta memahami konsep pembelajaran servis atas bola voli. kesadaraan ini harus dipahami mengingat sevis atas bola voli adalah kegiatan dari pendidikan jasmani secara keseluruhan.
Standar ketuntasan belajar yang ditetapkan oleh sekolah SMKN 29 Jakarta untuk mata pembelajaran pendidikan jasmani adalah 75 (tujuh lima). Perubahan dan peningkatan siswa dalam pembelajaran servis atas bola voli variasi pembelajaran dapat dilihat pada hasil penilaian proses dan final tes servis atas bola voli. untuk ketuntasan hasil belajar siswa pada tes awal dinyatkan tuntas sejumlah 11 siswa ( 33,3%) dan pada tes akhir sejumlah 33 siswa (100%), maka terdapat peningkatan sebesar (66,7%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar servis atas bola voli di SMKN 29 Jakarta
SS00021028 | SK 21028 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain