Text
Pengembangan modul elektronik dengan strategi PQ4R untuk kegiatan remedial pada materi pokok kesetimbangan kimia
ABSTRAK
Elis Nidaliana, Pengembangan Modul Elektronik dengan Strategi PQ4R untuk Kegiatan Remedial pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa modul elektronik dengan Strategi PQ4R untuk kegiatan remedial pada materi pokok kesetimbangan kimia untuk peserta didik SMA/MA kelas XI MMIPA. Metode yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan menurut Borg dan Gall (2003). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner. Modul yang dikembangkan divalidasi oleh tiga ahli media dan tiga ahli materi serta bahasa. Kemudian, dilakukan uji coba terhadap 8 guru mata pelajaran kimia, 15 peserta didik SMA Kelas XI MIPA, dan 30 mahasiswa Pendidikan Kimia. Hasil penilaian terhadap modul yang diperoleh dari ahli dan pengguna (guru dan peserta didik) dapat dikategorikan baik hingga baik sekali, sehingga dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan sudah memiliki kelayakan untuk digunakan sebagai media pembelajaran dalam melaksanakan kegiatan remedial kelas XI MIPA SMA/MA pada materi Kesetimbangan Kimia.
Kata kunci: Modul elektronik kimia, Strategi PQ4R, remedial kimia, kesetimbangan kimia
SS00021242 | SK 21242 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain