Text
Pengaruh model pembelajaran aktif tipe Guided Note Taking (GNT) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik
ABSTRAK
CINDY EVITA. Pengaruh Model Pembelajaran Aktif tipe Guided Note Taking (GNT)
terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Skripsi, Program Studi
Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri
Jakarta. Juli 2019.
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
aktif tipe Guided Note Taking (GNT) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada
materi Usaha dan Energi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 77 Jakarta pada bulan
Maret 2019. Penelitian ini menggunakan metode jenis quasi experiment dengan desain
nonrandomized pretest-posttest design. Sampel penelitian diambil menggunakan
purposive sampling, sehingga didapatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Sebelum perlakuan, kedua kelas diberikan pretest untuk mengetahui tingkat
kemampuan sama. Didapatkan rata-rata nilai kelas eksperimen=43,25 dan kelas
kontrol=42,75. Instrumen penelitian ini adalah soal posttest berbentuk esai sebanyak
10 soal. Pengujian persyaratan dengan uji normalitas menggunakan rumus chikuadrat, karena X2
hitung≤X2
tabel (4,58≤11,070) pada kelas eksperimen dan X2
hitung≤X2
tabel
(4,72≤11,070) pada kelas kontrol, diperoleh kesimpulan data terdistribusi normal. Uji
homogenitas diperoleh Fhitung≤Ftabel (1,427≤1,757), maka data homogen. Uji hipotesis
menggunakan Uji-t dengan taraf signifikan α=0,05 dan dk=n1+n2-2 didapatkan
thitung>ttabel (4,278>1,667), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa
kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan model Guided Note Taking
(GNT) lebih tinggi daripada model direct instruction dan model Guided Note Taking
(GNT) memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata kunci. model pembelajaran aktif, Guided Note Taking, kemampuan berpikir kritis
SS00021248 | SK 21248 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain