Text
Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 1 Bogor pada mata pelajaran praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah
ABSTRAK
MARTA NOVIA. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMKN 1 Bogor Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah. Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Kosentrasi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Bogor berdasarkan data dan fakta yang valid dapat dipercaya.
Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Bogor. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain eksperimen kuasi. Sampel penelitian ini adalah 35 siswa di kelas XI Akuntansi SMKN 1 Bogor. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Non Equivalent Control Group Design. Untuk menjaring data dari variabel digunakan soal tes berbentuk pilihan ganda untuk hasil belajar siswa.
Perhitungan validitas soal menggunakan rumus product moment dan reliabilitas soal menggunakan rumus K-R 20 (Kuder Richardson 20). Teknik analisis data ini dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji F. Kemudian uji hipotesis digunakan dengan menggunakan uji-t, hasil pengujian persyaratan analisis menyatakan bahwa pada uji normalitas kedua kelas berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas data varians adalah homogen. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa diperoleh thitung sebesar 8,364 dengan ttabel sebesar 2,030. Dengan demikian, thitung > ttabel (8,364 > 2,030), artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh signifikan dalam model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa XI Akuntansi SMKN 1 Bogor.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Dsicovery Learning, Hasil Belajar
SS00021156 | SK 21156 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain