Text
Pengaruh strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi ekosistem
ABSTRAK
LALLA MUTHOHHAROH. Pengaruh Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Ekosistem. Di bawah Bimbingan ERNA HERYANTI, MIEKE MIARSYAH.
Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang dimiliki siswa untuk memahami suatu kondisi yang melibatkan proses bernalar. Salah satu strategi pembelajaran yang merangsang aktifitas berpikir kritis adalah strategi pembelajaran PQ4R. Strategi pembelajaran PQ4R dapat membantu siswa untuk memahami materi pembelajaran melalui kegiatan membaca. Kegiatan tersebut dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran PQ4R terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi Ekosistem. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 109 Jakarta pada bulan April-Mei 2019. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA yang dipilih dengan teknik simple random sampling sebanyak 140 siswa, terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Proses pembelajaran di kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran PQ4R, sedangkan di kelas kontrol menggunakan strategi pembelajaran inkuiri. Hasil uji prasyarat diketahui bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis digunakan Uji t pada taraf signifikansi α=0,05. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh strategi pembelajaran PQ4R terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi Ekosistem di SMA Negeri 109 Jakarta.
Kata Kunci: Ekosistem, Kemampuan Berpikir Kritis, PQ4R
SS00021292 | SK 21292 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain