Text
Pengaruh motivasi belajar, disiplin belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar matematika di SMK Negeri 16 Jakarta
ABSTRAK
SITI AYU MARSINAH. Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan
Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Matematika di SMK Negeri 16
Jakarta. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi,
Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Penelitian ini dilakukan dalam empat bulan, dimulai pada bulan Maret 2019
sampai dengan Juni 2019 di SMK Negeri 16 Jakarta. Penelitian ini memiliki tiga
tujuan, yaitu untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar (X1) terhadap hasil
belajar (Y) Matematika di SMK Negeri 16 Jakarta, untuk mengetahui pengaruh
disiplin belajar (X2) terhadap hasil belajar (Y) Matematika di SMK Negeri 16
Jakarta, dan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga (X3) terhadap hasil
belajar (Y) Matematika di SMK Negeri 16 Jakarta. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode survei dengan pendekatan regresi, sedangkan populasi
penelitian yang digunakan adalah seluruh Siswa di SMK Negeri Jakarta, dengan
populasi terjangkau Siswa Kelas XI SMK Negeri 16 Jakarta yang berjumlah 209
siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak sederhana
sebanyak 131 siswa. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan uji
Kolmogorov-Smirnov Z dengan tingkat signifikansi 0,05 menghasilkan
signifikansi 0,200 untuk semua variabel. Dapat disimpulkan bahwa data keempat
variabel berdistribusi normal. Uji linieritras regresi Y atas X1 menghasilkan nilai
signifikansi 0,01 < 0,05, uji linieritras regresi Y atas X2 menghasilkan nilai
signifikansi 0,02 < 0,05 dan uji linieritras regresi Y atas X3 menghasilkan nilai
signifikansi 0,01 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi
tersebut linier. Uji analisis regresi sederhana Y atas X1 memiliki persamaan Ŷ =
71,242 + 0,304X1, uji analisis regresi sederhana Y atas X2 memiliki persamaan Ŷ
= 72,608 + 0,174X2 dan uji analisis regresi sederhana Y atas X3 memiliki
persamaan Ŷ = 75,539 + 0,298X3. Selanjutnya dilakukan uji t, dihasilkan Y atas
X1 thitung (3,414) >ttabel (1,66), Y atas X2 thitung (3,044) > ttabel (1,66), dan Y atas X3
thitung (3,343) >ttabel (1,66), sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif
dan signifikan. Koefisien determinasi Y atas X1 sebesar 0,083 menunjukkan
bahwa 8,3% variable hasil belajar ditentukan oleh motivasi belajar, Y atas X2
sebesar 0,067 menunjukkan bahwa 6,7%.variable hasil belajar ditentukan oleh
disiplin belajar dan Y atas X3 sebesar 0,080 menunjukkan bahwa 8% variable
hasil belajar ditentukan oleh lingkungan keluarga, sedangkan sisanya dipengaruhi
oleh faktor-faktor lain di luar dari penelitian ini.
Kata kunci : Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Lingkungan
Keluarga.
SS00020393 | SK 20393 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain