Text
Pengaruh minat belajar dan fasilitas mata pelajaran administrasi umum pada siswa kelas X di SMK Tunas Markatin Jakarta Timur
ABSTRAK
NUR CHOIRUNNISA. 8105150839. “PENGARUH MINAT BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ADMINISTRASI UMUM PADA SISWA KELAS X DI SMK TUNAS MARKATIN JAKARTA TIMUR”. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2019.
Penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh minat belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Administrasi Umum pada siswa kelas X di SMK Tunas Markatin Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan selama 6 (enam) bulan terhitung mulai bulan Desember 2018 sampai dengan Mei 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AP 1, X AP 2, dan X AK yang berjumlah 114 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 84 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data variabel X1 (Minat Belajar) dan X2 (Fasilitas Belajar) merupakan data primer, sedangkan variabel Y (Hasil Belajar). Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 24.0. Berdasarkan uji persyaratan analisis, data berdistribusi normal dan memiliki hubungan yang linear. Berdasarkan uji asumsi klasik, pada uji asumsi klasik, pada uji multikolinearitas terdapat nilai Tolerance dari minat belajar dan fasilitas belajar sebesar 0,824 > 0,1 dan nilai VIF 1,213 < 10. Berdasarkan uji heteroskedastisitas dengan uji Spearman’s rho, menghasilkan nilai signifikansi X1 (0,840) dan X2 (0,841). Karena nilainya signifikansi lebih dari 0,05 maka tidak terjadi masalah heteroskedastisitas. Persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 38,337 + 0,183 X1 + 0,244 X2. Dari hasil uji F dalam tabel ANOVA menghasilkan Fhitung (43,808) > Ftabel (3,11), hal ini berarti minat belajar dan fasilitas belajar secara simultan berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Uji t menghasilkan thitung X1 (5,528) > ttabel (1,989) dan thitung X2 (4,542) > ttabel (1,989). Kemudian uji koefisien determinasi diperoleh 0,520 artinya pengaruh variabel independent (minat belajar dan fasilitas belajar) terhadap variabel dependent (hasil belajar) sebesar 52% dan sisanya sebesar 48% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Minat Belajar, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar
SS00020394 | SK 20394 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain