Text
Pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E berbantuan ICT terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 90 Jakarta
ABSTRAK
Noviantika. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan ICT terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMP Negeri 90 Jakarta.
Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 90 Jakarta masih tergolong rendah. Siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah ketika dihadapkan dengan soal cerita dan soal-soal bersifat non rutin. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa disebabkan karena selama ini guru menggunakan model pembelajaran langsung bersifat monoton yang menjadikan siswa sebagai objek yang hanya bisa menerima ilmu. Penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan ICT sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan ICT terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posttest Only Control Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih berasal dari populasi berdistribusi normal, memiliki varians yang sama/homogen, dan memiliki kesamaan rata-rata. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diukur dengan tes yang dibuat sesuai dengan indikator kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi segiempat dan segitiga sebanyak 5 butir soal yang telah melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil pengujian setelah perlakuan, diperoleh bahwa kelas eksperimen (Model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan ICT) dan kelas kontrol (Pembelajaran konvensional) berasal dari populasi berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama/homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t dua sampel independen dengan varians yang homogen.
Berdasarkan hasil uji hipotesis statistik pada taraf signifikansi diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan ICT lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan ICT berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 90 Jakarta. Hasil uji besar pengaruh Cohen’s Effect Size yaitu 79% termasuk dalam kategori besar.
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Berbantuan ICT
SS00021247 | SK 21247 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain