Text
Hubungan antara kualitas produk, kualitas pelayanan dan citra merek dengan kepuasan pelanggan KFC Arion Mall pada mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
IMAN TRI WIDODO, Hubungan antara Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan
Citra Merek dengan Kepuasan Pelanggan KFC Arion Mall pada Mahasiswa
Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta. Fakultas Ekonomi, Universitas
Negeri Jakarta.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kualitas produk,
kualitas pelayanan dan citra merek dengan kepuasan pelanggan KFC Arion Mall
pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian
yang peneliti gunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional,
populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas
Negeri Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik
Purposive sampling sebanyak 151 orang. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah
Ŷ = 39,143 + 0,477 X1, Ŷ = 5,304 + 0,819 X2 dan Ŷ = 31,541 + 0,604 X3. Uji
persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smimov dengan
tingkat signifikansi (α) = 5% atau 0,05 dan menghasilkan tingkat signifikan Y
bernilai sebesar 0,200, X1 bernilai sebesar 0,200, X2 bernilai sebesar 0,200 dan X3
bernilai sebesar 0,200. Karena tingkat signifikansi ketiga variabel tersebut > 0,05
maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan dapat
digunakan dalam analisis selanjutnya. Uji linieritas regresi Y atas X1, Y atas X2 dan
Y atas X3 menghasilkan nilai signifikansi pada Linearity, yaitu 0,000 < 0,05,
sehingga disimpulkan bahwa memiliki hubungan yang linier. Dari uji keberartian
regresi dilakukan uji t dan dihasilkan Y atas X1 thitung = 8,814 dan ttabel = 1,65529,
Y atas X2 thitung = 8,650 dan ttabel = 1,65529 dan Y atas X3 thitung = 8,734 dan ttabel =
1,65529. Nilai koefisien determinasi antara variabel kualitas produk (X1) terhadap
kepuasan pelanggan (Y) sebesar 0,343, nilai koefisien determinasi antara variabel
kualitas pelayanan (X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y) sebesar 0,334 dan nilai
koefisien determinasi antara variabel citra merek (X3) terhadap kepuasan pelanggan
(Y) sebesar 0,339. Jadi, terdapat hubungan positif dan signifikan antara kualitas
produk dengan kepuasan pelanggan. Koefisien determinasi Y atas X1 yang
diperoleh sebesar 34,3% sedangkan 65,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
Hubungan positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan
pelanggan. Koefisien determinasi Y atas X2 yang diperoleh sebesar 33,4%
sedangkan 66,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. serta hubungan positif
dan signifikan antara citra merek dengan kepuasan pelanggan. Koefisien
determinasi Y atas X2 yang diperoleh sebesar 33,9% sedangkan 66,1% sisanya
dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata kunci: Kepuasan Pelanggan, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan,
Citra Merek
SS00021129 | SK 21129 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain