Text
Pengaruh model pembelajaran osborn terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMPN 17 Depok
ABSTRAK
BINTANG AKBAR PAMUNGKAS. Pengaruh Model Pembelajaran Osborn
terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di SMP Negeri 17
Depok. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika
dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa yang rendah. Hal tersebut disebabkan masih terdapat pelaksanaan
pembelajaran matematika yang berpusat pada guru, dan terbiasanya guru dalam
memberikan soal yang memacu kemampuan pemahaman konsep siswa. Salah satu
cara yang diajukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Osborn.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Osborn
terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMP Negeri 17 Depok.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Depok semester ganjil
tahun ajaran 2019/2020 pada materi Pola bilangan.
Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment (eksperimen
semu). Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan cluster
random sampling sehingga terpilih kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen (model
pembelajaran Osborn) dan kelas VIII-5 sebagai kelas kontrol (model pembelajaran
konvensional). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan
pemahaman konsep matematis pada materi Pola bilangan. Sebelum digunakan,
instrumen tersebut telah melalui uji validitas isi, validitas konstruk, dan validitas
empiris. Perhitungan reliabilitas dilakukan menggunakan rumus Alpha Cronbach dan
diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,46 yang termasuk dalam kategori cukup
baik.
Berdasarkan perhitungan data hasil penelitian, data kedua kelas setelah
menerima perlakuan berasal dari populasi berdistribusi normal dan memiliki varians
yang sama atau homogen, sehingga teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t.
Oleh karena itu, pengujian hipotesis statistik dilakukan menggunakan statistik uji-t
dengan varians yang sama. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai,
maka tolak pada taraf signifikansi . Hasil perhitungan besar pengaruh
dengan Cohen’s Effect Size memperoleh nilai sebesar 0,86 tergolong dalam kriteria
large atau besar dengan persentase 79% besar pengaruh yang dapat disimpulkan
bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen
lebih tinggi daripada rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas
kontrol pada taraf signifikansi . Artinya terdapat pengaruh yang signifikan
dari penerapan model pembelajaran Osborn terhadap kemampuan pemahaman
konsep matematis siswa di SMP Negeri 17 Depok.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Osborn, Kemampuan Pemahaman Konsep
Matematis
SS00021328 | SK 21328 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain