Text
Pengaruh penerapan kegiatan praktikum berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi asam dan basa
ABSTRAK
FIRDA NURFAIDA: Pengaruh Penerapan Kegiatan Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Asam dan Basa. SKRIPSI. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan kegiatan praktikum berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi asam dan basa. Penelitian ini dilakukan di kelas XI MIPA 1 (kelas eksperimen) dan XI MIPA 3 (kontrol), dilaksanakan pada Januari sampai Februari 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Penelitian ini terdiri atas kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing berjumlah 32 siswa. Kelas eksperimen menerapkan kegiatan praktikum berbasis inkuiri terbimbing sedangkan kelas kontrol menerapkan kegiatan praktikum konvensional. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 68,75 dan kelas kontrol sebesar 60,62. Hasil pengujian terhadap hipotesis diperoleh dengan nilai t hitung sebesar 2,73 > t tabel sebesar 1,99 dengan nilai dengan taraf signifikan 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif penerapan kegiatan praktikum berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi asam dan basa.
Kata Kunci: Kegiatan Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis, Asam dan Basa
SS00021319 | SK 21319 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain