Text
Penerapan metode Team Game Tournament (TGT) pada anak usia 6 tahun di sekolah TK Intan Prima Bekasi Utara semester genap tahun ajaran 2019/2020
ABSTRAK
Alis Theresa. 2019, Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT)
pada Anak Usia 6 Tahun di Sekolah TK Intan Prima Bekasi Utara Semester Genap
Tahun Ajaran 2018/2019
Subjek Penelitian adalah peserta didik Tk. B Tk Intan Prima Bekasi Utara
tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 13 orang yang terdiri dari enam peserta didik
laki-laki dan tujuh peserta didik perempuan.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Penelitian ini bertujuan untuk
menggambarkan kemampuan membaca notasi balok melalui metode pembelajaran
team game tournament (TGT) dengan pemanfaatan media gambar dan pianika pada
anak usia 6 tahun di Tk Intan Prima Bekasi Utara.
Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, penelitian ini
dilakukan pada Januari 2019 sampai dengan Maret 2019. Data dikumpulkan dari hasil
studi pustaka, observasi dan wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi
yang diartikan sebagai pengecekan metode, teori dan dari berbagai sumber.
Waktu Penelitian penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran
2018/2019 yaitu pada bulan Januari sampai Maret 2019. Penelitian ini dilaksanakan
dalam 8 (depalan) kali pertemuan. Satu kali pertemuan berlangsung selama 40 menit.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Team
Game Tournament (TGT) pada proses pembelajaran membaca notasi balok pada anak
usia enam tahun di TK Intan Prima Bekasi Utara semester genap tahun ajaran
2018/2019 dapat menambah kemampuan peserta didik dalam membaca notasi balok.
Hal ini dapat ditunjukan melalui kemampuan peserta didik dalam menyebutkan
susunan notasi balok, menyebutkan nama notasi balok, dan memainkannya dengan
menggunakan alat musik pianika. Bertambahnya kemampuan tersebut terjadi setelah
peserta didik mengikuti pembelajaran sebanyak delapan kali pertemuan.
Kata Kunci : Penerapan, Model, Team Game Tournament (TGT)
SS00020776 | SK 20776 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain