Text
Pengaruh model CIRC (cooperative integrated Reading and Composition) terintegrasi inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi ekologi
ABSTRAK
ALIFAH NAKDA AULY. Pengaruh Model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terintegrasi Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Ekologi. Di bawah bimbingan Diana Vivanti Sigit dan Ratna Dewi Wulaningsih.
Hasil dari PISA (Programme for International Students Assessment) dan TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study) menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah adalah model pembelajaran CIRC terintegrasi inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model CIRC terintegrasi inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi ekologi. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 28 Jakarta pada bulan Mei 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Sampel penelitian pada masing-masing kelompok berjumlah 33 peserta didik yang dipilih secara simple random sampling. Berdasarkan perhitungan diperoleh bahwa data normal dan homogen. Pengujian hipotesis dengan uji-t dengan taraf signifikansi α=0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran CIRC terintegrasi inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi ekologi.
Kata kunci: CIRC terintegrasi inkuiri terbimbing, ekologi, kemampuan pemecahan masalah.
SS00021336 | SK 21336 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain