Text
Hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar bahasa Prancis siswa kelas XI MIA 2 SMAN 27 Jakarta
ABSTRAK
RATNA DWI ASTUTI. 2019. Hubungan Antara Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Bahasa Prancis Siswa Kelas XI MIA 2 SMAN 27 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar bahasa Prancis siswa kelas XI MIA 2 SMAN 27 Jakarta. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini yaitu disiplin belajar sebagai variabel X dan hasil belajar bahasa Prancis sebagai variabel Y.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional dengan data yang diperoleh dari kuesioner dan ujian akhir semester. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMAN 27 Jakarta, sementara sampel yang diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling adalah siswa kelas XI MIA 2 yang berjumlah 31 orang di SMAN 27 Jakarta. Untuk membuktikan hubungan antara variabel X dan Y, dilakukan teknik analisis data Pearson Product Correlation. Sebelum menguji hipotesis, dilakukan terlebih dahulu uji validitas kuesioner dengan menggunakan rumus Pearson Product Correlation, uji reabilitas dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dan uji normalitas data dengan menggunakan Kolmogorov-Smirnov.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar bahasa Prancis siswa kelas XI MIA 2 SMAN 27 Jakarta. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil penghitungan koefisien korelasi antara variabel X dan Y yang menggunakan rumus Pearson Product Moment Correlation dengan bantuan program IBM SPSS 25 for windows. Dalam penghitungan tersebut, hasil koefisien yang diperoleh adalah 0,721. Sedangkan menurut tabel, besar interpretasi nilai rtabel dengan n = 31 adalah 0,355. Hal itu menunjukkan bahwa nilai rhitung > rtabel, hasil tersebut tersebut menyatakan bahwa Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar bahasa Prancis siswa kelas XI MIA 2 SMAN 27 Jakarta.
Kata kunci: Disiplin belajar, hasil belajar bahasa Prancis
SS00021738 | SK 21738 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain