Text
Pengembangan bahan ajar dampak pemanasan global berbasis problem based learning menggunakan learning management system (LMS) schoology
ABSTRAK
NATASYA CYNTHIA TAMARA. Pengembangan Bahan Ajar Dampak Pemanasan Global Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Learning Management System (LMS) Schoology. Di bawah bimbingan YETTI SUPRIYATI, RISER FAHDIRAN.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar untuk materi dampak pemanasan global berbasis Problem Based Learning (PBL) menggunakan Learning Management System (LMS) Schoology. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan pendekatan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Bahan ajar yang dihasilkan berbasis Problem Based Learning dan dapat diakses menggunakan laptop maupun smartphone yang terkoneksi dengan jaringan internet. Konten dari bahan ajar ini terdiri atas permasalahan, latihan, kuis dan diskusi. Berdasarkan hasil penelitian, hasil validasi ahli materi pada aspek kualitas isi sebesar 75% dengan kategori baik, pada aspek keterbahasaan sebesar 75% dengan kategori baik, dan pada aspek keterlaksanaan sebesar 83,333% dengan kategori sangat baik. Hasil validasi ahli media pada aspek kualitas media sebesar 62,5% dengan kategori baik, pada aspek tampilan bahan ajar sebesar 75% dengan kategori baik, pada aspek tampilan media social schoology sebesar 75% dengan kategori baik, dan pada aspek kemudahan penggunaan sebesar 75% dengan kategori baik. Hasil validasi ahli pembelajaran pada aspek karakteristik pembelajaran problem based learning sebesar 81,667% dengan kategori sangat baik. Bahan ajar dampak pemanasan global berbasis Problem Based Learning menggunakan Learning Management System (LMS) Schoology sesuai untuk dijadikan referensi bahan ajar dampak pemanasan global.
Kata-kata kunci: Bahan Ajar, Pemanasan Global, Pembelajaran Berbasis Masalah, Schoology.
SS00021468 | SK 21468 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain