Text
Pengaruh model pembelajaran ARIAS : Assurance, Relevance, Interest, Assessment and Satisfaction terhadap hasil belajar sejarah siswa SMA Negeri 1 Cabangbungin
ABSTRAK
Syarifatul Adawiyah (4415126853): Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS: Assurance, Relevance, Interest, Assessment and Satisfaction Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri 1 Cabangbungin. Skripsi, Jakarta: Prodi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri 1 Cabangbungin. Penelitian ini dilaksanakan dari Januari sampai April Di SMA Negeri 1 Cabangbungin. Pendekatan penelitian yang digunakan berupa pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan ganda sebanyak 50 butir soal dan diujikan kepada 40 siswa. Melalui uji validitas rumus “r Product moment” hasilnya menunjukkan 42 butir soal valid dan 8 butir soal tidak valid. Sedangkan uji reliabilitas dengan rumus Spearman Brown diperoleh rii 0.878 dengan demikin instrument tersebut reliabilitas dan dapat digunakan. Pengujian normalitas dengan menggunakan uji Liliefors, di peroleh Lhitung kelas eksperimen sebesar 0,102 dan Lhitung kelas kontrol sebesar 0,152. Nilai Lt untuk N = 30 dengan taraf nyata 95% (α = 0,05) yaitu 0,1614. Dapat disimpulkan bahwa Lhitung ttabel (2,00) pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05) dengan derajat keabsahan 70, maka H0 : ditolak dan H1 : diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ARIAS:Assurance Relevance Interest Assessment and Satisfaction terdapat pengaruh terhadap hasil belajar sejarah di SMA Negeri 1 Cabangbungin.
SS00021773 | SK 21773 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain